Friday, March 14, 2014

Fenomena Hallyu (Korean Wave) : Semangat Nasionalisme

Indonesia-Korea Selatan


Siapa sih yang skarang ga kenal sama yang namanya Super Junior, SNSD, 2PM, 2AM, Wonder Girls n sederet nama boy band and girl band negeri ginseng itu..Atau Korean dramanya yang sekarang hampir everyday nongol di tipi..(buat K-POPers n K-Doramaers mah udah ga asing lagi..hehehe tul ga ?)..Yuph, Korean Wave memang sudah melanda Indonesia sekitar tahun 2010 dan masih terasa hingga kini gaungnya.
                Oke..oke,,di sini saya ga mau bahas tentang mereka (kita bukan infotainment yak). Yang mau saya omongin n diskusiin adalah bagaimana pandangan mereka sebagai seorang entertainment terhadap bangsanya..
                Waktu lagi surfing di dunia maya, saya nyasar di salah satu blog tentang korea-korea gtu. Eh..nemu cuplikan wawancara acara berita di sana dengan salah 2 personil boy band terkenal (ga perlu saya sebut namanya, klo yang sering up date korea-korean mungkin tau siapa^^). Nah, mereka tuh –boy band- ini abis ada tur gtu ke beberapa negara dan ada statement dari mereka yang bilang gini intinya (redaksinya saya lupa) “ Saya bangga jadi duta negara korea selatan. Bangga bisa memperkenalkan budaya kami ke luar negeri”. Wow, bayangin yak entertainernya aja berpikiran klo mereka itu ga Cuma menghibur, tapi punya pandangan yang lebih (coba artis-artis Indonesia kya’ gtu juga, bisa go international kita) dan ada lagi kata-kata yang lebih ma’ jleb-jleb “ Saat ini bukan lagi perang dengan senjata, tapi dengan kebudayaan”. Whoooooo,,mereka belajar tentang perang pemikiran juga rupanya ,,kebudayaan kan salah satu alat yang digunakan saat ini..dan dan yang jadi BB n GB di sana itu usianya masih muda-muda banget yah berkisar belasan-20an lah..
                Bisa bayangin donk, betapa nasionalisnya mereka !!! Coba bandingin sama kita, berapa orang sih yang bangga sama bangsanya sendiri ??? Pemudanya terutama..Hmmm, saya rasa ga banyak. Kita (baca : pemuda>lihat pemuda Indonesia secara umum yah) seneng banget sama hal-hal yang berbau keluarnegerian,mulai dari barang-barang, lagu-lagu, pakaian, bahasa,dll. Padahal nasib bangsa ini ke depannya tergantung di tangan pemuda lho !!! Kita merdeka udah 66 tahun, coba deh mulai mikir apa ya yang bisa gw lakuin buat bangsa ini ? Umur gw sekarang udah berapa ? 19,20-an..Apa yang udah dilakuin ? Ayolah jangan egois, jangan Cuma mikir untuk diri sendiri, coba berpikir lebih besar lagi.. Yeah, think globally, act locally.think big,start small.mulai dari yang ada di sekitar kita dari hal kecil..Bukan ga mungkin, klo pemuda Indonesia udah mulai mencintai bangsanya sendiri, Indonesia bisa tuh namanya jadi berpengaruh di dunia internasional..Amin..amin..

So, let’s move now !!!

HIDUP INDONESIA !!! JAYA BANGSAKU !!! AKU CINTA INDONESIA !!!

#tulisan ini dibuat untuk meningkatkan semangat nasionalisme kita, klo negara lain aja bisa, kenapa kita ga’ ? Iya kan..Knp juga KorSel coz sekarang lagi demam-demamnya Korean Wave..hehehehehe^_^

No comments:

Post a Comment