Wednesday, March 12, 2014

Jadi Muslim Kontributif, Siapa takut ?!

dijawab donk salamnya~

Bismillahirrohmanirrohim..[ditulis saat masa kuliah]
            Yak, abis dari Islamic book fair (hwaaaa,,mupeng dan kalap pengen beli buku ini itu, tapi budget kaga’ ada..T^T..melas). Ya sudahlah, saya ga mau memperpanjang curhat..Oke, dari Islamic book fair itu buku yang berjudul “99 Ilmuwan Muslim Perintis Sains Modern” jadi salah satu buku yang diam manis di kantong belanjaan saya..

This is the book
            Yak, dari baca buku itu, walopun belom semua (udah ngebet pengen nulis),,Subhanallah banget yak ternyata saintis muslim itu. Pasti pada tau dunk yang namanya Jabir Ibnu Hayyan, Ibnu Sina, Al Khawarizmi, dkk, beliau2 ini nih sainstisnya muslim..Yang bikin saya takjub adalah beliau2 itu ga Cuma menguasai satu bidang ilmu lho !!! (klo kita baru juga fokus sama satu bidang ilmu udah hebohnya ke mana-mana..hehehehe..> mungkin itu saya kali ya^^)
            Bisa dibayangin kan, zaman dulu tuh mana ada yang namanya internet, alat komunikasi aja masih sangat2 terbatas, tapi coba liat deh begitu banyaaaaaaakkkkkk banget hal yang bisa beliau2 kontribusikan buat kemaslahatan orang banyak. Bukankah manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat ?? Kita ?(langsung nyari cermin dan tanya ke diri sendiri..)
            Waaaahhhh..rasanya pengen ngumpetin nih muka,,malu banget.  Selama idup apa ya yang udah bisa kita kasih buat kemaslahatan umat ini ? Klo sekarang aja kebanyakan muslim itu malah ng-GALAU ga jelas. Hadoh..hadoh..mau di bawa ke mana nih. Emang sih, ilmu pengetahuan bukan penentu segalanya, tapi tetep jadi hal yang penting kan, apalagi di era sekarang ini yang persaingan dengan dunia barat udah ga terelakkan lagi..
            Makanya, saya ngerasa miris, sekarang kan apa2 semua pada berkiblat sama dunia barat, especially yang saya bahas sekarang tentang ilmu pengetahuan ini. Padahal, dulunya tuh orang2 barat lho yang mencontoh ke dunia Islam, apalagi pas masa pemerintahannya dinasti Abbasiyah. Contoh ni ya Kitab Al Kimya-nya Jabir Ibnu Hayyan itu diterjemahin ke bahasa Latin dan Inggris !!! dan itu mempengaruhi perkembangan ilmu kimia di Eropa selama berabad-abad !!! (abad lho, bukan waktu yang singkat..)
            So, di sini saya Cuma mau ngajakin..Yuk,sama2 kita kembalikan kejayaan Islam salah satunya adalah dengan kembali memberikan kontribusi melalui bidang ilmu yang kita tekuni sekarang karena saat ini dibutuhkan orang2 yang bener2 pakar di bidangnya. Jangan sampe kuliah kita sekarang ini Cuma numpang lewat di kehidupan kita tanpa bisa memberikan sesuatu yang berarti buat sekitarnya. Ga perlu langsung dengan hal besar, tapi dari diri sendiri dulu, dari hal kecil dan mulai dari sekarang !!!
SO LET’S MOVE AND MAKE CHANGES !!!
-Never Ending Contribution-^^

No comments:

Post a Comment