Tuesday, March 11, 2014

UI JOB FAIR 20 Februari 2014



Kali ini saya mau cerita petualangan saya sebagai jobseeker di UI Job Fair. Sama ketika saya mau ke Bekasi Job Fair, saya berangkat dari rumah setelah sholat subuh dengan diantar hawa dingin (lebay banget bahasanya !) Alasan utama saya berangkat sebegitu paginya adalah untuk menghindari macet di jalanan ibu kota tercintah.
            Berangkat naik Laju Prima dan –ini yang bikin saya seneng- ini bus langsung ga pake ngetem di Terminal Pakupatan Serang, jadi saya pikir akan bisa lebih cepet nyampe kan. Nyampe di terminal kampong rambutan hampir jam 9 (perjalanan sekitar 3 jam), dan langsung celingukan nyari mikrolet merah no.19 yang disaranin sama temen saya.
            Perjalanan Kampung Rambutan-UI sekitar 1 jam-an, biasalah angkutan umum, pake ngetem dan jalanan ibu kota yang jadi langganan macet (idup di Jakarta berasa umur bakalan abis di jalan). Selama dimikrolet saya berharap bakalan ada orang yang mau turun di UI juga, di depan saya ada mas-mas yang tampilannya ala jobseeker, berharap dia punya tujuan yang sama, tapi ternyata tidak sodara-sodara. Alhasil saya jadi agak sedikit tegang (keinget pengalaman kebablasan di Bekasi). Sepanjang perjalanan saya terus ngeliatin keluar, merhatiin kira-kira udah nyampe daerah mana.
            Saya turun di halte bus UI dan nyebrang dengan jembatan penyebrangan memasuki area UI. Tanya-tanya, dikasih tahu kalau mau ke balairungnya naik BiKun yang warna merah walaupun yang biru juga bisa (kenapa namanya tetep BiKun, padahal warnanya bukan Cuma kuning ? Tanya anak UI)
            Karena nunggu BiKun yang merah ga lewat-lewat,akhirnya saya putusin buat naik yang biru. Model tempat duduk BiKun ini ala-ala trans Jakarta/Yogya gtu deh, jadi sebenernya lebih banyak tempat buat berdiri ketimbang buat duduk dan ternyata semakin lama berjalan, bus pun dengan –kebanyakan- mahasiswa. Dan kamu tahu, ini bus jalannya kya’ putri solo dah, mungkin karena emang berhenti di setiap halte fakultas kali ya…
            Nyampe di area job fair udah jam 10, langsung antri buat beli tiket. Tadinya saya kira kita bisa langsung masuk karena udah daftar onlen, ternyata masih harus ngantri lagi, agak wasted time sih. Ternyata daftar onlen itu keuntungannya dapet diskon, tiket masuknya jadi Rp 20.000
            UI Job Fair ini sangat-sangat terkoordinir dengan baik, pas masuk dipisah antara jobseeker yang punya akun di Jobstreet dan yang ga punya. Buat yang ga punya udah disedian laptop buat sign up. Pengaturan standnya juga oke, jadi para jobseeker bisa leluasa buat nyambangin perusahaan yang jadi target. Ada panggung juga yang dipake buat presentasi company profile. Bener-bener keren deh, bahkan kata temen saya, dia kan berasa pusing dan ternyata ada tim medis juga yang stand by. Buat tempat sholat dan makan juga udah ada, tapi ya gtu, tempat makan harganya selangit, soto daging Rp 15.000/porsi !!! (Jakarta oh Jakarta beda banget sama di Jogja yang serba murah !) Mungkin ini karena yang ngadain univ jadi terorganisir dengan baik ya, dulu waktu UGM Career Day juga oke !
Oke sekian dari UI Job Fair~ See you next story…
*Ongkos ke UI
Bus Laju Prima           25.000
Mikrolet (PP)               12.000
Bus Prima Jasa          20.000
TOTAL                         57.000

No comments:

Post a Comment