Tuesday, March 11, 2014

Chemistry of Love



[ditulis saat masa kuliah]
            Berawal dari obrolan santai dengan seorang Mba kosan, tiba-tiba saya ditanyain “Kamu pernah jatuh cinta ga sih, Ka ?” Nah lho..si eka ditanyain soal cinta-cintaan..
(-_______-“ hedeh) Trus, saya jadi mikir emang jatuh cinta itu prosesnya gimana sih ? Klo kata pepatah kan “Dari mata turun ke hati”, bener ga yak ?
            Akhirnya setelah rusuh nyari-nyari, ketemu deh gimana sih orang bisa jatuh cinta, tapi saya ga bahas secara psikologis ya, saya mau share secara KIMIA (bener kata dosennya saya Life is Chemistry, no Life without Chemistry, buktinya cinta aja bisa dibahas pake kimia #bangga jadi anak kimia..hohoho). Oke2..ini nih senyawa-senyawa KIMIA (pake huruf gede segala si eka) yang mendalangi FALLING IN L.O.V.E (mungkin ada yang udah pernah baca sebelumnya):
1.      Dopamine
Nah, ini dia yang bikin orang yang lagi jatuh cinta susah tidur gara-gara mikirin si “dia”, trus ini juga yang bikin ga nafsu makan jadi berasa kenyang gtu(lumayan ngirit duit makan, tapi bisa mati juga !) dan bisa bikin semangat menggebu-gebu, serasa bisa ngelakuin segala hal yang kita mau, mood jadi bagus. Yah, klo kata lagu mah “ Aku mau makan, kuingat kamu. Aku mau tidur, kuingat kamu”. (bener ga tuh syairnya ?). Intinya c, bikin orang yang jatuh cinta itu tergila-gila sama orang yang dicintainya (jadi, istilah love is crazy ada benernya ya ?!)

2.      Phenyletilamine (PEA)
PEA ini yang bisa bikin tersipu-sipu, blushing padahal Cuma dapet sms “ Semangadh ya !” (pdahal itu sms dikirim buat semua orang !). Bikin berasa GR dan merasa paling diperhatiin sedunia..haduh..haduh. Dan ternyata ssssstttt PEA ini juga banyak terdapat di dalem coklat yang beredar di pasaran sebut aja berinisial SQ, T, CC * sensor..PEA ini yang nantinya memacu Dopamine untuk berbicara. Makanya, klo dapet coklat hati2 lho..(bukan sama orangnya, tapi hati-hati menjaga hati sendiri,,^^)

3.      Serotonin
Klo si serotonin ini yang bikin orang jatuh cinta mulai terobsesi dengan yang dicintainya. Ini terjadi klo kadar serotonin dalam tubuh menurun. Jadi, klo udah mulai kepikiran terus sama seseorang, pengen ngeliat orangnya walopun Cuma ngedapetin punggungnya doank, atau jadi sering curi-curi pandang, ngeliat foto-foto si “dia”, nyari info tentang dia, pokoknya all about youlah. Nah, si serotonin ini yang mulai mengatur pikiran kita. Hati-hati yak klo udah kya’ gini.

4.      Oxytocin
Dialah yang bilang “I’II always be with you”, oxytocin ini bekerja saat perasaan cinta di awal-awal yang meletup-letup itu mulai mereda dan beralih ke keadaan yang lebih serius . Biasanya sih terjadi sama orang-orang yang udah berumah tangga (iya po ? belom ngerasain.hehehe).


Semoga yang bukan anak kimia ga mabok..ehehe^^
 
Subhanallah ternyata yang namanya jatuh cinta itu kompleks yak..bukan cuma yang dirasa doank yang kompleks(bisa menimbulkan berbagai macam tingkah yang aneh bin ajaib), tapi reaksi di dalem otak dan tubuh kita juga ga kalah kompleksnya. Bisa dibayangin kan klo lagi kena VMJ tuh nambah-nambahin kerja otak kita buat ngeproduksi senyawa-senyawa tadi, kasian kan otak kita. Belom lagi ditambah dengan banyak hal lain yang harus dipikirin, bisa terjadi kerusuhan di sana. So, ga ada yang ngelarang jatuh cinta, tapi lakukan sesuai dengan takaran yang pas (emang beras !?), di waktu yang tepat. Jangan gara-gara jatuh cinta, yang lainnya jadi numpang lewat doank, duuhhh ga banget deh..
Karena semua itu akan indah pada waktunya (ceilllleeeee…)
Semoga bermanfaat..
*setelah memperoleh kembali freedom (baca : selese UTS)..hahahahaha ^o^..


No comments:

Post a Comment