Wednesday, March 12, 2014

Hewan apa yang mirip manusia ? [Bukan monyet lho !]

[ditulis saat masa kuliah]



Hari selasa kemaren, saya dateng telat ke kuliah ekologi (yaela si eka ga tobat2..hehehe). Untungnya bapak dosen baru intro, jadi ketinggalannya ga banyak. Okelah, abaikan aja intro ini..

 Nah, kan tuh materinya ngebahas apa itu ekologi,trus bapak ekologi yang pertama itu kan Charles Darwin yang terkenal dengan Teori Evolusinya. Trus, bapaknya itu bilang gini “Sebenernya, yang mirip dengan manusia itu bukan kera, tapi ada hewan lain. Ada yang bisa nebak hewan apa ?”. Kebiasaan mahasiswa kan klo ditanya dosen langsung deh pura2 mikir-entah mikir beneran atau ga- hehehehe^^
Dan ternyata saudara2 hewan  mirip manusia adalah BABI !!! Bapaknya bilang lagi, klo babi itu punya susunan genetika yang mirip dengan punya manusia. Nah lho !!! Karena penasaran, akhirnya malem2 berhasil juga OL nyari dah tentang hal ini.

                Oke ini hasil temuan saya setelah berkelana di dunia maya :
A University of Illinois side-by-side comparison of the human and pig genomes has revealed remarkable similarities. “We took the human genome, cut it into 173 puzzle pieces and rearranged it to make a pig,” explains animal geneticist Lawrence Schook. “Everything matches up perfectly. The pig is genetically very close to humans.”

Klo selama ini kita taunya kenapa babi itu haram karena ada cacing pitanya. Trus, kan sekarang teknologi dan higienitas udah maju, klo cacing pitanya diilangin jadi ga haram donk ? Bingung kan ?
Mungkin persamaan genetik inilah bisa jadi jawaban ilmiah untuk mengkaitkan kenapa babi itu haram. Kadang kan kita perlu menjelaskan apa yang ada dalam Islam kepada orang non Muslim secara nasional. So, hubungannya ?

Berdasarkan penelitian itu, karena genetik babi dan manusia mirip maka klo makan daging babi, kemungkinan besar segala macam penyakit yang bisa menyerang babi bisa juga dengan mudah menyerang manusia. Kita tau kan klo babi itu tempat berbagai penyakit misalnya yang paling terkenal flu babi. Sebenernya, flu babi ini berasal dari flu burung yang udah bermutasi, jadi dalam tubuh babi itu menjadi wahana bercampurnya berbagai macam jenis flu. Makanya, ga heran kan klo penyebaran flu babi lebih cepet daripada flu burung, menurut data WHO sampe 80% lho !!!

Nguik..nguikk..siapa yang masih berani makan saya ? Nguiikkk~

Maka bersyukurlah buat kita sebagai Muslim karena Allah udah menjelaskan ini semua di Al Qur’an yang keren banget !!!
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barang siapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS An Nahl 115)

Bersyukurlah sebagai seorang Muslim karena sampe hal kya’ makanan aja ada aturan yang menjaganya. Subhanallah..Al Qur’an itu emang jadi petunjuk berbagai hal dan dengan sains mencoba diilmiahkan petunjuk2 tsb, walopun terkadang otak manusia ada keterbatasannya sehingga ga bisa “mengilmiahkan” ilmu2 Allah yang maha luas dan dahsyat..
 


Dari berbagai sumber
 

No comments:

Post a Comment