Thursday, July 2, 2015

Cilegon Job Fair@Joglo Hall Sari Kuring Indah

Kembali menjadi seorang jobseeker membuat saya kembali mengikuti job fair yang dilaksanakan oleh DIsnakertrans Kota Cilegon. Jadi, Kamis, 11 Juni 2015 saya datang ke Joglo Hall Sari Kuring Indah bersama dengan sekian ribu jobseeker lainnya. Dari informasi yang saya peroleh, job fair ini dimulai
  pukul 09.00-15.00, tapi ternyata ketika saya sampai di lokasi hampir 09.30, itu yang namanya bagian registrasi aja belum dibuka. Bahkan ternyata di dalam hall belum dilakukan opening dan itu masih nunggu kedatangan Bapak Walikota (Oh my God ! Harus nunggu berapa lama ini ?)

Setelah selesai opening dll, kalau nggak salah ada nari-nari dan nyanyi-nyanyi juga, nggak tahu deh, saya nggak terlalu fokus ngedengerin si MC cuap-cuap karena sibuk kipas-kipas kepanasan. Saya juga nggak ngeliat jam berapanya pas registrasi dibuka, yang jelas saya berhasil masuk hall jam 10.30-an. Jujur kalau boleh saya bilang, sistem entry ke dalam hall sangat nggak teratur padahal di sana ada tim keamanan bahkan polisi yang berjaga. Sistem antrian nggak dibuat rapi, jadi para jobseeker saling berdesakan ingin segera masuk, bahkan sampai ada yang pingsan. Sejauh saya mengikuti job fair, yang paling bagus sistem registrasinya adalah job fair UI.

Mungkin salah satu hal yang menjadi kendala masuknya jobseeker ke dalam hall adalah sistem registrasi yang menggunakan scanner, di mana alat scanner tersebut terbatas hanya ada 4 unit. Jadi di sini jobseeker mencetak hasil registrasi online yang ada barcodenya, selanjutnya barcode itu yang discan.

Sampai di dalam, yang katanya ada 34 perusahaan yang membuka lowongan, entah saya nggak ngitung pastinya, ternyata ada perusahaan yang nggak jadi buka stand, padahal di website sudah tertulis jelas perusahaan itu mengikuti job fair. Sangat disayangkan sekali karena ini seakan-akan jobseeker di-PHP-in. Ada lagi perusahaan yang masih sangat sangat baru, gedung pabriknya saja masih dalam tahap pembangunan, tapi katanya Disnakertrans meminta supaya perusahaan tersebut mensoasialisasikan diri dulu. Ini lagi lagi ng-PHP-in kan, kasian juga ngeliat jobseeker dan HRD dari perusahaan itu yang selalu ngasi/dapet pertanyaan yang sama “Bisa naroh CV, pak/mbak ?” Padahal itu perusahaan belum recruitment sama sekali.

Tapi, di luar segala hal yang perlu menjadi koreksi tersebut, saya sangat berterima kasih sekali kepada Disnakertrans Kota Cilegon yang telah mengadakan job fair ini karena acara seperti ini sangat membantu sekali bagi para jobseeker dan salah satu upaya untuk mengurangi jobless person.

No comments:

Post a Comment