Tuesday, June 9, 2015

[Novel] The After-Dinner Mysteries



Ini kedua kalinya saya baca novel terjemahan dari Jepang setelah Girls in The Dark (baca reviewnya di sini) dengan genre yang hampir sama yaitu misteri, namun kali ini cerita yang ditulis oleh Higashigawa Tokuya tidak sedark Girls in The Dark (Akiyoshi Rikako). Kalau boleh dibilang, ini novel bergenre comedy mystery. Novel ini juga diterbitkan oleh Penerbit Haru.



“Menyelesaikan kasus sepele seperti ini saja tidak bisa, apakah Tuan Putri sebenernya bego ?”

Itulah sepenggal kalimat sarkas yang berani-beraninya dilontarkan oleh
seorang pelayan keluarga Hosho bernama Kageyama. Kageyama ini menjadi pelayan bagi Tuan Putri tunggal keluarga Hosho, Hosho Reiko. Reiko sendiri bekerja sebagai detektif  bersama atasannya Komandan Kazamatsuri yang suka pamer tapi sebenarnya tidak dapat diandalkan. Mereka harus menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan misterius, namun seringkali kali pemecahan kasus tersebut tidak menemukan hasil, sampai akhirnya Reiko curhat dengan pelayannya, Kageyama. Berkat kecerdasan pelayan tampan ini tapi bermulut setajam silet, kasus kasus yang ditangani Reiko berhasil dipecahkan hanya dengan mendengarkan ceritanya saja ! (kece banget kan otaknya Kageyama !)

Di novel ini ada 7 kasus yang disajikan buat dipecahkan, ayo kita selidiki satu per satu.


Silakan Lepas Sepatu Anda di TKP Pembunuhan
Kasus pertama diawali dengan kematian seorang wanita single di kamar apartemennya. Keanehan pada jasad korban adalah dia ditemukan dengan memakai sepatu bot, tetapi di sekitar TKP sama sekali tidak ditemukan adanya jejak sepatu. Bagaimana korban bisa sampai di kamar dalam kondisi seperti itu ? Apa pelaku membunuhnya di tempat lain kemudian membawanya ke kamar itu ? Bagaimana cara membawanya ?


Maukah Anda Mencoba Anggur Kematian ?
Seorang kepala keluarga Wakabayashi ditemukan tidak bernyawa setelah meminum segelas anggur di kamarnya. Yang menjadi pertanyaan adalah tidak ditemukannya racun di dalam botol anggur dan hanya ada sidik jari Tuan Wakabayashi di botol dan gelas anggur. Apakah ini bunuh diri atau pembunuhan ? Jika ini pembunuhan, bagaimana cara memasukkan racun ke dalam botol anggur yang tertutup rapat ?

Ada Zat Mematikan pada Mawar yang Indah
Di tengah indahnya mawar mawar yang bermekaran di musim semi bulan Mei, terbaring sosok cantik dengan pakaian tidurnya di sebuah tempat tidur dari jalinan mawar, tapi wanita itu sudah tak bernyawa !
Penyebab kematiannya adalah kehabisan nafas karena tercekik, sama sekali tidak ada hubungannya dengan mawar. Lalu di mana sebenarnya korban meninggal ? Kenapa pelaku perlu bersusah payah membawanya ke taman mawar padahal ada banyak bunga lain di tempat itu ?

Mempelai Wanita Berada dalam Ruangan Terkunci
Reiko menghadiri undangan pernikahan juniornya semasa kuliah, tetapi di saat semua sedang bergembira di pesta, sang mempelai wanita tiba tiba menghilang ! kemudian ditemukan dengan luka tusukan di punggungnya di kamar yang terkunci. Bagaimana cara si pelaku melarikan diri  ? Apa benar Reiko membantu pelaku kabur karena merasa iri dengan pernikahan juniornya ?

Hati-hati Jika Berselingkuh
Nozaki Shinichi pria pekerja kantoran dengan tinggi 160 cm berwajah imut-imut seperti seorang pelajar ditemukan tak bernyawa di kamar apartemennya tanpa sehelai benang pun menutupi tubuhnya. Berdasarkan kesaksian seseorang diduga pelakunya seorang gadis yang dekat dengan korban. Saksi pertama mengatakan gadis yang masuk bersama korban tingginya sekitar 150 cm, sedangkan saksi kedua berkata melihat seorang gadis keluar dari kamar korban tingginya 170 cm dan diperolehlah 4 orang yang menjadi tersangka. Siapa diantara keempatnya yang merupakan pelaku ? Atau ini kejahatan bersama ? Kenapa korban ditemukan tanpa pakaian ? Petunjuknya ada pada tinggi badan korban dan keempat gadis tersebut.

Inilah Pesan dari Orang Mati
Kodama Kikue meninggalkan pesan kematian yang ditulis dengan darah, tetapi sayangnya pesan itu tidak dapat dibaca lagi karena kemungkinan sudah dihapus oleh pelaku. Sebuah piala berlumuran darah yang diduga sejata pembunuh ditemukan di kamar suami korban di lantai 2 setelah dilempar oleh seseorang. Seluruh orang yang berhubungan dengan Kikue masing masing memiliki motif untuk membunuh. Siapa pelakunya ? Bagaimana melempar piala yang berat ke lantai 2 ? Pelakunya adalah orang yang tidak terduga.

Cinta Berlebihan dalam Keluarga Hosho
Reiko menerima sebuah hadiah misterius, awalnya dia mengira dari penggemar beratnya, tetapi setelah mendengar penjelasan Kageyama, Reiko menjadi ketakutan sendiri. Apa isi hadiah tersebut? Siapa pengirimnya ? Jawabannya membuat Reiko terkejut dan khawatir.

Komentar :
Yak selesai juga reviewnya ! Suka sama interaksi antara Reiko dengan Kageyama, walapun Reiko sering diejek habis-habisan sama pelayan tidak tahu sopan santun itu,tapi dia nggak bisa berbuat apa-apa karena berkat kecerdasan Kageyama kasus-kasus yang ditanganinya berhasil dipecahkan. Lucu dan konyol ngebayangin Kageyama yang ngatain Reiko dengan wajah lempeng tanpa dosa dan Reiko yang tetap bersikap (sok) tenang padahal pengen nendang itu si pelayan bermulut tajam, walaupun akhirnya Reiko meledak juga, dan Kageyama buru-buru minta maaf. Hahahaha….

Kasus-kasus di The After-Dinner Mysteries ini menurut saya nggak bikin saya deg-degan atau memacu adrenalin dan nggak terkesan dark seperti pada umumnya kasus pembunuhan yang saya baca. Pemecahan kasusnya juga sebenarnya nggak terlalu rumit, mungkin karena memang ada unsur komedi di dalamnya jadi suasana tegangnya berkurang. Tapi, tetap menghadirkan rasa penasaran siapa pelaku sebenarnya. Membuat saya berpikir, menyatukan satu per satu analisis yang disampaikan oleh Kageyama dan akhirnya berujung pada si pelaku.

So, happy reading guys ! Annyeong ~
Note : novel ini udah pernah dijadiin dorama dan film di Jepangnya sana, tapi saya belum nonton. Maybe next time kalau nemu ada yang punya,jadi nggak perlu download. Hahahaha…*gratisan :p
 

 
 

No comments:

Post a Comment