Saturday, August 1, 2015

Belajar Hangeul dengan Cara yang Fun Secara Otodidak



Nggak bisa dipungkiri kalau fenomena Hallyu (Korean Wave) masih tetap bergema hingga sekarang. Begitu banyak produk-produk K-Drama, K-Pop, Variety Show yang bertebaran di mana-mana. Melalui produk-produk Hallyu tersebut, Korea Selatan berhasil mengenalkan negaranya ke seluruh dunia, salah satunya bahasa.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang ingin mempelajari Bahasa Korea, dengan berbagai niatan tentunya. Tapi, memang ada beberapa kendala mempelajari bahasa yang bahkan tulisannya saja sudah berbeda dari yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Yak tulisan korea ditulis bukan dengan huruf latin seperti beberapa bahasa lainnya, tapi dengan HANGEUL. Buat yang pertama kali atau yang baru kenal dengan dunia korea-koreaan, huruf Hangeul ini terlihat seperti kotak, garis, dan buletan saja. Nah, di sini saya mau nyoba share beberapa tips yang pernah saya lakukan selama belajar Hangeul tentunya dengan cara yang fun. Yuk langsung kita lihat chingu…


Belajar nulis nama sendiri
 Setelah tahu tata cara penulisan Hangeul seperti apa, sekarang saatnya kita mencoba berlatih menulis, yang paling mudah tentu nulis nama sendiri. Siapa sih yang nggak ngerasa puas ketika namanya ditulis dalam huruf yang berbeda dari biasanya ? Pasti ngerasa beda kan,nah chingu bisa nulis nama sendiri dengan huruf Hangeul di buku-buku atau barang-barang yang perlu dikasih nama, tentunya disertai tulisan latin juga ya, kan nggak semua orang bisa baca Hangeul, nanti kalau hilang biar bisa balik. 


Yuk tulis nama-nama bias
Punya bias bintang K-Pop ? Yuk tulis nama-nama mereka pakai Hangeul. Atau list aja member Super Junior atau EXO yang jumlahnya bisa buat maen bola itu, dijamin deh kemampuan nulis hangeulnya ada peningkatan. Kalau perlu sekalian tulis nama asli dan nama panggung mereka ! Nama-nama orang korea itu mirip-mirip, misalnya aja belakang mereka ada ‘hyeon’Kyuhyeon-Jonghyeon, nah otak chingu secara nggak langsung mengulang-ngulang terus penulisan ‘hyeon’ sampai tanpa sadar jadi hafal deh dengan bentuknya.  


Nyanyi-nyanyi hepi
Suka nyanyi lagu-lagu K-Pop, tapi liriknya sekeluarnya aja alias nggak jelas bunyinya apa ? Hehehe^^v. Sekarang coba deh chingu cari lirik lagu yang disuka misalnya Korean Number Song yang dinyanyiin Appa Ilkook dan Daehan (di sini) atau Triplet Song (di sini)*tetep promosi Daehan Minguk Manse. Biasanya sepaketan tuh Hangeul-romanji-translation, nah ini bisa dipake buat belajar baca, nanti setelah lumayan lancar baca hangeulnya, coba deh dinyanyiin dengan baca teks hangeulnya, kemampuan baca kita akan sedikit demi sedikit meningkat karena otak kita dipacu untuk membaca sambil mengikuti tempo lagu. Bisa dicoba dulu dari lagu-lagu ballad yang temponya lambat, nanti bisa dilanjut ke lagu yang temponya lebih cepat.


Jangan cuma baca translationnya aja, baca juga teks hangeulnya !
Nyari paketan bapak anak kayak gini di mana ya ?? >///< so sweet
Yang suka nonton variety show ngacung ! Biasanya di beberapa variety show korea disertakan juga teks hangeulnya, nah mungkin ketika pertama kali nonton kita akan fokus sama translationnya karena ingin tahu cerita dari variety show itu, tapi kadang kan suka nonton yang kedua ketiga atau keempat…kali. Di sini coba deh baca hangeulnya, terus baru baca translationnya, selain ngelatih kemampuan baca,juga memperkaya kosakata kita.

Kirim pesan pakai tulisan Korea yuk !
Punya hape pintar yang kece banget ? Bisa lho dipakai buat belajar juga. Saya rasa di semua hape pintar ada pengaturan input teks Hangeul. Kita bisa pake ini buat ngirim pesan dengan tulisan Hangeul, tentunya dengan teman yang  juga bisa baca Hangeul ya. Nggak perlu Bahasa Korea,Bahasa Indonesia yang ditulis dengan Hangeul aja dulu, namanya juga belajar. Bagus lagi kalau bisa Bahasa Korea sekalian.
Jadi, nggak Cuma hapenya yang pintar, orangnya juga ikutan pintar.

Itu beberapa cara fun yang pernah saya coba dan cukup berhasil, walaupun pastinya harus lebih sering latihan lagi. Intinya konsisten, walaupun fun tapi ngelakuinnya jarang-jarang yah bisanya juga setengah-setengah. Tapi, sebisa apa pun kita dengan bahasa asing, tetep cintai BAHASA INDONESIA karena tujuan mempelajari bahasa asing sejatinya membantu kita untuk lebih membuka wawasan terhadap dunia yang nggak bisa kita komunikasikan dengan bahasa ibu kita.
Happy learning, chingu !
 



No comments:

Post a Comment